Tuesday 7 May 2013

AKHLAQ ITU LAHIR DARI AQIDAH


 +cREDITS tO: HARUMAN BUNGA PERADABAN.

Pelajaran malam ini :


Akhlak Itu Lahir Dari Aqidah.

Seorang prof. di bidang aqidah bertanya kepada Syaikh Umar Al Asyqor guru dalam ilmu Aqidah :

”Wahai Syaikh, saya sudah mencapai gelaran akademik tertinggi dalam ilmu aqidah, namun saya belum merasakan dalamnya aqidah ini tertanam di hati dan jiwa.”

Maka Syaikh Umar Al Asyqor menjawab :

“Pertanyaan itu sudah pernah ditanyakan oleh Ibnu Qoyyim Al Jauziyyah kepada gurunya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah menjawab :

“Apa yang engkau pelajari hanyalah kaedah-kaedah (rumusan-rumusan) dalam masalah aqidah, sedangkan jika engkau ingin merasakan dalamnya aqidah tertanam didalam hati dan jiwamu, maka hayati dan resapilah kandungan Al-Qur’an.”

Saudaraku, ilmu tauhid yang kita pelajari selama ini, ternyata baru sekadar kaedah atau rumusan seperti rumus Matematik dan Kimia atau rumus lainnya. Tanpa praktik yg nyata, maka rumusan tinggal rumusan tanpa erti walaupun sebanyak manapun kita menghafalnya. 

Syeikh Taqiuddin an-Nabhani berkata :"Akhlak merupakan hasil dari pelaksanaan perintah-perintah ALLAH, yg dapat dibentuk dengan cara mengajak masyarakat kepada aqidah & melaksanakan hukum Islam secara sempurna."



Ramai orang menyangka bahwa akhlak yg mulia tidak ada sangkut pautnya dengan aqidah, sehingga seseorang yang sudah belajar tauhid tidak sedikit pun merasa bersalah & berdosa untuk mengeluarkan sumpah seranah atau kata-kata kotor kepada saudaranya sesama muslim sedangkan tauhid adalah inti iman dan dalam banyak hadits selalu mengaitkannya dengan adab dan akhlak. Antaranya :

“Janganlah engkau meremehkan amal kebajikan meskipun kecil, walaupun itu hanya berupa wajah yang manis ketika engkau bertemu saudaramu.” [HR. Muslim]

“Mencaci seorang muslim adalah tindakan yang melampaui batas sedangkan membunuhnya adalah kekafiran.” [Muttafaq Alaih]

Jika seorang Muslim menunjukkan akhlak yg buruk, memaki hamun sesama Muslim & melakukan perbuatan yg keji & dosa, ini bermakna dia ada masalah dalam aqidah...

.

No comments:

Post a Comment