Thursday 4 October 2012

Haji Hakiki


Pada rukun Islam pun sudah ada kewajiban yaitu Ziarah ke Mekah dan Madinah, ke makam Rasulullah saw dan Kerajaan Allah Ta’ala yang terdapat pada diri sendiri, sebagaimana Firman Allah:

Tiap-tiap umat mempunyai rasul; maka apabila telah datang rasul mereka, diberikanlah keputusan antara mereka dengan adil dan mereka (sedikit pun) tidak dianiaya.(Q.S. Yunus, 10:47)

 Oleh sebab itu kita perlu penasaran, wajib untuk mengetahui akan Hakikatnya Rasulullah saw yang ada pada diri sendiri. Apalagi apabila kemampuan kita untuk pergi ke Makkah dan Madinah tidak ada, tetapi di atas sudah ditekankan bahwa pergi haji itu ada dua macam, yaitu Haji Majaji dan Haji Hakiki.

Haji Majaji adalah mereka yang mampu berziarah ke Baitullah dan Madinah. Haji Hakiki adalah yang sudah mengetahui pada Hakikat Baitullah dan Rasulullah  saw pada dirinya sendiri, karena Rasulullah  saw itu tidak “meninggal dunia”, jikalau “meninggal dunia” Alam dunia ini tidak akan ada. Maka kita ini jikalau berkehendak untuk menjadi umat Rasulullah saw harus dapat mengetahui akan Hakikat Rasulullah  saw  yang disebut Johar Awal tadi, supaya tercapai  -kelebihan dari para Wali.

No comments:

Post a Comment